Monday, July 2, 2018

Let's Talk: Suka Duka LDR (Part 2)

Hai semuanya! Kali ini aku akan melanjutkan artikel mengenai suka dan duka ldr. Bagian pertamanya bisa kalian baca disini. Aku juga akan menjawab sisa pertanyaan yang sudah kalian kirim melalui dm instagram. Sebenarnya,postingan ini masih membahas tentang drama hubungan jarak jauh kita. Setelah kita putus,kita masih menjaga komunikasi dengan sangat baik. Dia masih suka chat aku,vidcall dari malem sampe subuh. Bisa di bilang gak beda jauh sama waktu kita pacaran. Mungkin karena aku pernah bermasalah sama salah satu mantannya,akhirnya pikiran aku gak jauh-jauh dari curiga. Pernah suatu ketika,dia pernah bantu promosi online shop mantannya (bukan mantan yang di artikel pertama). Seketika pikiran aku mulai nyambung kemana-mana. Karena berdasarkan cerita,pacar aku sudah gak berhubungan lagi sama si rana (nama samaran mantannya pacar).  Akhirnya aku coba main-main ke instagramnya si rana. Pas aku liat story dia,si rana ini update tentang ke galauan dia yang sangat relatable dengan masalah aku saat itu. Intinya,dia galau karena "doi" balik lagi dan bingung harus apa. Di tambah cowok aku pernah cerita,kalau si rana ini masih berharap sama dia dan saking niatnya sampe buat blog yang isinya curhat. Klop sudah...gak lama kemudian aku coba bicarakan soal ini sama cowok aku. Dia beriskukuh kalo hubungan dia gak lebih selain temen dan dia cuman bantu promosi.

Source
Akhirnya daripada terus-terusan berantem,aku gak pernah nyinggung soal itu lagi. Sampe akhirnya aku nekat buat chat si rana karena udah gak tahan dengan beban pikiran yang selalu mengarah ke dia. Waktu pertama kali chat dan jelasin kenapa aku hubungin,respon dia baik dan jawabannya adem banget. Akhirnya kita ngobrol lewat wa call sampai kurang lebih tiga jam lamanya. Mulai membahas soal hubungan aku gimana dan janggalnya pikiran aku yang selalu mengarah ke dia. Dia bilang kalau tulisan di blog itu bukan buat pacar aku,tapi buat gebetannya yang selama ini rana incer. Seketika aku ngakak gak berhenti mengingat betapa pede nya aldi cerita ke aku pada saat itu. Soal story yang dia update saat itu? jelas buat gebetannya. Posisi aku sama aldi ketika sudah berteman dengan rana adalah,memutuskan hubungan sepihak. Karena aku udah gak betah lagi dan akhirnya memutuskan untuk blockir semua yang berhubungan dengan dia. Mulai dari iMessage,wa,line,instagram,facebook,dan nomornya pun aku blockir. Sebisa mungkin aku menutup dia masuk ke kehidupan aku lagi. Sisi baiknya adalah,aku berteman baik dengan rana sampai sekarang dan bahkan kita jadi partner bisnis. Itung-itung nambah temen dan relasi baru dari luar kota hehe.
Source
Semua sudah berlalu dan kehidupan aku berjalan seperti biasa. Tapi ya namanya masih awal-awal putus jadi wajar kalau aku masih kepikiran. Sampai akhirnya siang bolong di kampus,aku yang gabut iseng buka line dan mau hapus chat-chat spam dari oa dan group. Out of nowhere,ada nama aldi disitu chat aku. Aku kaget sekaligus seneng tapi gengsi mau balas. Kagetnya karena aku yakin sudah blockir semua socmed dia termasuk line. Akhirnya dengan gengsi dan sok jual mahal,aku balas dengan kesan ingnorant. Dia tanya ke aku kenapa instagramnya aku blockir,wa dia gak dibales,iMessage yang gak bisa ke kirim,dll. Jujur aku tambah kaget dengan pertanyaan dia tadi karena,selama ini aku mikir paling dia gak notice kalo aku blockir dan paling juga gak akan nyari. Setelah itu,hubungan aku sama aldi gak langsung membaik. Aku masih gengsi dan menunjukan sikap ingnorant ke dia. Dan akhirnya ketika aku di Swiss,aku memutuskan untuk hubungin dia lagi dan menjelaskan alasan apa yang membuat aku blockir semua socmed dia. Aku cerita tentang hubungan aku sama rana,cerita rana tentang dia,dan lain hal. Aldi bilang ada beberapa cerita rana yang di improvised tapi ada juga yang bener. Setelah satu jam lamanya,ada moment dimana kita saling diam selama kurang lebih satu menit. Dan pada akhirnya kita sama-sama mengucapkan kata i miss you. Waktu itu,swiss lagi dilanda hujan salju. Karena tidak mau melewerkan moment langka ini,aku buka jendela kamar dan foto hasil photobox kita dulu di tengah hujan salju. Cuaca disitu sangat dingin,seketika aku langsung mengirimkan hasil foto kita di hujan salju tadi sembari berkata"it's snow falling in here. The weather is cold...as cold as our relationship". Akhirnya dari situ kita mulai pelan-pelan membangun lagi hubungan ini sampai jadi seperti sekarang.

hujan salju di swiss
Sekarang,hubungan aku sama aldi bisa dibilang jauh lebih baik dari sebelumnya. Aku lebih lega untuk menjalani hubungan ini setelah semuanya terungkap. Dari situ aku belajar,kalau gak semua apa kata socmed itu bener. Ldr itu kuncinya adalah percaya dengan orangnya langsung. Musuh utama dalam ldr itu adalah overthinking. Semakin kita sotoy dan overthingking,semakin susah juga kita jalanin hubungan sama pasangan. Mengenal karakter pasangan dengan sangat baik juga menjadi penentu dalam menjalani hubungan. Ldr pasti akan jarang kontak fisik,modal utama hanya berdasarkan komunikasi virtual saja. Jelas ada perbedaan antara ketemu langsung dan sebatas virtual. Pahami kalau pasangan kalian bukan penulis yang baik,supaya tidak berasumsi dia gak lagi marah karena jawabannya yang biasa aja. Pahami kalau pasangan kamu bukan anak socmed yang kadang ketinggalan berita,gak salah kalo dia sering missunderstanding sama jokes kamu. Cewek kamu overthinking kayak aku? segera klarifikasi kalau ada yang kurang berkenan dan jelasin se jelas-jelasnya. Cowok aku kebetulan jarang main socmed. Sekali main socmed yang di pantengin cuman account2 receh. Pegang hp juga gak se intense aku,jadi ya seperti cowok pada umumnya yang mostly selow soal kayak gitu. Awalnya aku overthinking,lama kelamaan udah terbiasa.

kerikil dan batu besar. tak lupa lubang besar. 
Di awal pacaran aldi udah pernah bilang kalau kedepannya hubungan kita gak akan baik-baik aja. Pasti akan melewati berbagai macam kerikil dan tergantung gimana kitanya menghadapi masalah tersebut. Menurut aku ldr itu cocok banget untuk kalian yang pengen punya pasangan,tapi gak mau terganggu kegiatan sehari-harinya. Ldr gak membuat kita merasa tergantung sama pasangan dan lebih banyak punya space untuk mengeksplor diri kita. Banyak banget waktu yang bisa kita investasikan untuk masa depan kita kedepannya. Kalau udah sesi late night call,pasti seru banget karena masing-masing dari kita punya kejadian yang berbeda. Belum lagi kalau udah lama gak berkomunikasi. Pasti akan ada banyak hal yang diceritakan. Dari sini aku bisa punya kacamata hidup yang berbeda.

Panjang ya hahah. Oke saatnya kita menjawab pertanyaan kalian...

1. Bagaimana caranya mengatasi rindu saat ldr?

ada lanjutannya kalo hp pacar rusak gimana



Aldi: Dari apa yang kamu ceritaiin,bisa aku simpulin kamu belum bisa pacaran jarak jauh. Sebenarnya,ldr itu jangan terlalu memikirkan jaraknya saja. Tapi pikirkan juga hal positifnya seperti kalau sudah ada waktu ketemu,waktu quality timenya lebih seru. Kamu gak sendirian kok jalanin ldr,semua pejuang ldr termasuk aku juga seperti itu. Jadi jangan terlalu dipikirkan. Soal pacar kamu yang hp nya rusak,saran aku sebaiknya antisipasi. Sudah tau gadget sering rusak,prioritaskan pemasukan untuk itu. Apalagi kalau gadget itu statusnya sangat perlu.
Lyla: Kalo aku mungkin lebih ke cari kegiatan daripada terus-terusan galau mikirin pacar yang jauh disana. Hidup gak melulu soal pacaran,toh karena kamu ldr sebaiknya manfaatkan waktu untuk berkarya dan mencari pengalaman baru. 

2. Pacar suka hubungin mantan....



Aldi: Jangan pernah percaya umur pacaran. Karena aku udah pernah bikin cewek yang 6 taun pacaran putus hanya karena aku. Dan 6 taun itu bukan ldr. Memang dari segi psikologis,seseorang yang cenderung menyembunyikan sesuatu tidak akan membiarkan orang lain membuka handphonenya. Itu salah satu contoh. Tapi,kalau dari sudut pandang cowok. Bongkar hp itu kurang nyaman,karena itu privacy. Aku sendiri gak suka kalau cewek atau orang lain buka handphone aku. Cowok menghubungi mantan gak melulu harus flirt. Tapi bisa jadi mereka ada masalah yang harus diselesaikan berdua secara baik-baik. Dulu aku juga pernah sama kayak pacar kamu. Bedanya,aku ceritanya belakangan. Karena lyla orangnya sangat overthingking. Jadi,kalau aku cerita di waktu yang salah dan tidak detail yang ada dia kepikiran. 
Lyla: Karena cewek itu main perasaan,wajar kok kalo kamu sampe merasa seperti itu. Jadi jangan khawatir itu wajar. Tapi jangan sampai perasaan kamu menutup akal kamu. Sampe-sampe yang ada dalam pikiran kamu negatif terus. Menurutku,gak semua hal harus kita tau dari pasangan. Termasuk urusan seperti itu. Karena kita gak tau seperti apa pacar kamu dulu menjalani hubungan sama cewe itu. Walaupun mereka hanya sebatas suka. Mungkin aja dia gak nyaman dari cara kamu cek hp dia apa gimana. Dari pengalaman aku,semakin kamu negatif sama pacar semakin gak nyaman juga dia sama kamu. Jadi tunjukkan kedewasaan kamu disini. Bener apa kata aldi,aku juga kurang suka kalau cowok terlalu involve ke kehidupan pribadi aku. Karena gak ada wewenangnya. 

3. Bagaimana bertahan ldr di lingkungan yang kurang mendukung ? 


Aldi: Kalo masalah cemburu menurut aku itu wajar. Karena itu bisa jadi untuk build self awareness kita untuk menjalani hubungan. Dari situ kita tau sampai mana batas cemburu kita dan bagaimana kita mengahadapinya. Kadang,kecemburuan itu bisa bikin kangen. Apalagi kalo ldr yang susah untuk ketemu. Gak bakal seru kalau hubungannya lurus aja tanpa ada kerikil. Soal komitmen,kalo kamu laki-laki harus komitmen dengan goal sendiri. Kalo cuman sebatas komitmen pacar aja bisa rusak,apalagi goal hidup kamu sendiri.
Lyla: Jawaban aku sama kayak aldi. 

Ok that's all. Semua yang aku ceritaiin berdasarkan pengalaman pribadi aku. Kalau ada yang kurang setuju dan beda pendapat,ya wajar. Namanya juga menjalani hubungan gak bisa di pukul rata semua. Intinya untuk menjalani ldr adalah antara kamu dan pasangan. Bangun komunikasi dengan baik,dan saling jaga komitmen. 

No comments :

Post a Comment

Back to Top